JURUSAN PENDIDIKA MIPA IAIN PALANGKA RAYA MENGGELAR SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN OLIMPIADE FISIKA-BIOLOGI

seminar

Jum,at, 28 Oktober 2016, Dekan FTIK IAIN Palangka Raya Drs. Fahmi, M.Pd, membuka kegiatan Seminar Nasional Pendidikan dan Olimpiade Fisika-Biologi Tingkat SMA/MA sederajat SMA/MA se Kalimantan Tengah, yang dilaksanakan 28-29 Oktober 2016, di Aula IAIN Palangka Raya dan Laboratorium Terpadu IAIN Palangka Raya. .

 “Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dan menimba ilmu pengetahuan bagi guru, mahasiswa, alumni, serta siswa dan ajang unjuk kemampuan siswa dalam mengasah keterampilan berpikir siswa/i SMA sederajat pada materi fisika dan biologi” ungkap Fahmi saat menyampaikan kata sambutan.

Seminar Nasional Pendidikan yang diprakasai oleh Jurusan Pendidikan MIPA IAIN Palangka Raya mengangkat tema “Pembelajaran IPA dan pengembangan keterampilan berfikir untuk Kalimantan Tengah Harati” . Seminar ini sendiri di isi oleh dua orang Narasumber yakni, Prof. Dr. Liliasari, M,Pd (UPI Bandung) dan Suhartono, M.Pd., Si (PMIPA FTIK IAIN Palangka Raya) mulai pukul 08.00 WIB s.d. selesai.

Liliasari mengukapkan pentingnya Literasi sains bagi generasi muda Indonesia dalam memasuki ASEAN Community. Sementara itu Suhartono menyampaikan pentingnya pembelajaran sains dengan pendekatan inkuiri guna melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (benda, manusia atau peristiwa) secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.

 “Kegiatan ini di ikuti oleh 300 peserta dari berbagai Sekolah Tingkat SMA/MA sederajat se Kalimantan Tengah, dengan memperlombakan beberapa kategori perlombaan, yaitu: Kegiatan Olimpiade dan lomba cerdas cermat Fisika-Biologi dan Lomba Roket Air” Ujar Sri Fatmawati selaku Ketua panitia kegiatan.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu membangkitkan motivasi, menggali kreativitas, serta memunculkan potensi-potensi ilmuwan muda Kalteng dalam bidang sains khususnya Fisika dan Biologi dan mampu bersaing di tingkat nasional.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*